Curriculum

Kurikulum

Kurikulum SMPIT AL ISHMAH

Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, bertujuan untuk digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.

Ruang Lingkup Standar Kompetensi Lulusan terdiri atas kriteria kualifikasi kemampuan peserta didik yang diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan masa belajarnya di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Standar Kompetensi Lulusan SMP meliputi :

A. DIMENSI SIKAP

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap:

  1. Beriman  dan bertakwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
  2. berkarakter, jujur,dan peduli,
  1. bertanggungjawab,
  2. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan
  3. sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak dilingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara.

 

B. DIMENSI PENGETAHUAN

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan:

  1. ilmu pengetahuan,
  2. teknologi,
  3. seni, dan
  4. budaya.

Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, Keluarga,sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara.

1. PENGETAHUAN FAKTUAL

Pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara.

2.KONSEPTUAL

Terminologi/istilah dan klasifikasi, kategori, prinsip, generalisasi dan teori, yang digunakan terkait dengan pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara.

3. PROSEDURAL

Pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan yang terkait dengan pengetahuan teknis, spesifik, algoritma, metode tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara.

 4. METAKOGNITIF

Pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya dalam mempelajari pengetahuan teknis dan spesifik tingkat berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara.

 

C. DIMENSI KETRAMPILAN

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:
1. kreatif,
2. produktif,
3. kritis,
4. mandiri,
5. kolaboratif, dan
6. komunikatif melalui pendekatan ilmiah  sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri

 

Struktur Kurikulum Satuan Pendidikan

Struktur dan Muatan Kurikulum 2013 meliputi

1. Daftar Mata Pelajaran dan Muatan Lokal sesuai dengan standar isi, visi dan misi sekolah

2. Pengaturan Alokasi Waktu